Diseminasi Hasil Penelitian Kekerasan Seksual Anak terhadap Anak di Indonesia

BeritaKomentar

IMG_2968

ECPAT Indonesia bersama Kementerian Sosial RI melakukan penelitian bersama tentang Kekerasan Seksual Anak terhadap Anak di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi kasus anak yang menjadi pelaku kekerasan seksual terhadap anak semakin memprihatinkan. Berdasarkan data KPAI, terjadi tren kenaikan kasus kekerasan seksual oleh anak terhadap anak setiap tahunnya. Penelitian ini didesain untuk menjawab faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan seksual anak terhadap anak, serta model penanganan yang paling tepat untuk mencegah kekerasan seksual anak terhadap anak terjadi di kemudian hari.

Penelitian ini telah dilakukan sejak Mei hingga Agustus 2017. Setelah melalui beberapa tahap konsultasi dengan ahli, hasil penelitian ini diseminasikan pada hari selasa, 5 September 2017 di BP23KS, Yogyakarta. Pada kegiatan ini, turut hadir Bapak Edy Suharto (Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial), Bapak Nahar (Direktur Rehabilitasi Sosial), serta perwakilan dari lembaga layanan lainnya, baik yang dikelola LSM atau  pemerintah.

Berbagai temuan dalam penelitian ini mendapatkan cukup banyak respon dari peserta diskusi yang hadir. Sebagian besar peserta merespon positif temuan penelitian ini dan memberikan masukan terkait poin-poin rekomendasi kepada Pemerintah untuk segera diwujudkan dalam bentuk kebijakan.Beberapa masukan berfokus pada upaya untuk peningkatan kapasitas pekerja sosial dalam melakukan pendampingan terhadap kasus kekerasan seksual anak terhadap anak. Hal ini dilatarbelakangi minimnya pemahaman para sakti peksos terhadap kasus tersebut. Selain itu, Pemerintah juga diharapkan segera membuat regulasi turunan yang spesifik tentang diversi. Sehingga, anak yang berhadapan dengan hukum dapat mendapatkan keadilan dan hak-hak anak tetap dapat terpenuhi.

Tim peneliti mengapresiasi seluruh masukan yang telah diberikan oleh peserta yang hadir. Rencananya, tim peneliti akan melakukan pertemuan lanjutan untuk memfinalisasi laporan penelitian ini sehingga hasil penelitian dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh berbagai pihak.

Penulis :

Deden Ramadani

(Koordinator Riset ECPAT Indonesia)

ECPAT IndonesiaDiseminasi Hasil Penelitian Kekerasan Seksual Anak terhadap Anak di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *