Kegiatan Kick-off Grant Aliansi PKTA

BeritaKomentar

2017-10-28-PHOTO-00005573

Aliansi Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak (Aliansi PKTA) adalah koalisi masyarakat sipil Indonesia yang anggotanya terdiri dari organisasi-organisasi yang memiliki kesamaan tujuan dalam memperjuangkan penghapusan kekerasan terhadap anak di Indonesia. Aliansi PKTA percaya bahwa kekerasan dapat dicegah dengan kemitraan yang kuat dan upaya semua komponen masyarakat untuk terlibat dalam perlindungan anak dari kekerasan. Saat ini, ECPAT Indonesia turut menjadi bagian dari 27 lembaga yang terlibat dalam aliansi ini.

Pada tanggal 27 Oktober 2017, Aliansi PKTA mengadakan pertemuan di National Training Center SOS, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Pertemuan ini diselenggarakan untuk mendiskusikan rencana kerja aliansi dalam rangka satu tahun mendatang untuk mewujudkan tujuan dari dibentuknya aliansi PKTA ini. ECPAT Indonesia, diwakili oleh Deden Ramadani, turut hadir dalam pertemuan ini.

Kegiatan ini diawali dari pembahasan aktivitas dan output yang lebih mendetail dari proposal yang telah dibuat dan terpilih oleh Global Partnership to End Violence against Children untuk mendapatkan grant untuk satu tahun mendatang. Beberapa aktivitas untuk kegiatan aliansi dibahas lebih mendetail dalam pertemuan ini.

Setelah itu, pertemuan dilanjutkan dengan pembahasan rencana peningkatan kapasitas Anggota Aliansi PKTA yang terkait dengan agenda INSPIRE. INSPIRE adalah tujuh strategi yang dapat dilakukan untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak. Ketujuh strategi tersebut yatitu implementasi dan penegakan hukum, norma sosial, lingkungan yang aman, dukungan orang tua dan pengasuh, memperkuat pemasukan dan ekonomi, layanan untuk merespon dan pendukung, dan pendidikan dan keterampilan hidup.

Agenda lain yang turut dibahas adalah terkait dengan desain dan konten buku serta rencana peluncuran website. Buku ini akan merangkum praktik-praktik baik yang telah dilakukan lembaga dan dapat menjadi insipirasi dalam melakukan penghapusan kekerasan terhadap anak di Indonesia. Setiap lembaga diharapkan dapat mengirimkan cerita terkait pengalaman mereka dalam melakukan advokasi dan program untuk penghapusan kekerasan terhadap anak.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan pembahasan Solution Summit. Solution Summit adalah pertemuan antar pemerintah untuk saling belajar pengalaman satu sama lain dalam upaya penghapusan kekerassan terhadap anak. berdasarkan hasil pertemuan ini, Aliansi PKTA mengajukan tiga opsi yang akan menjadi materi utama pembahasan di Swedia, yaitu Online Protection, Gender Perspective on Violence dan Social Protection.

Deden Ramadani
(Koordinator Riset ECPAT Indonesia)

ECPAT IndonesiaKegiatan Kick-off Grant Aliansi PKTA

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *