Kenali Hak Kamu !

Berita, ResourcesKomentar

Kenali Hak Kamu

Versi untuk anak remaja 

Jika kamu berumur dibawah 18 tahun dan seseorang menyentuh tubuhmu, atau meminta kamu untuk menyentuh tubuh mereka, dengan cara yang membuat kamu tidak nyaman dan/atau malu; atau telah berbicara dengan kamu dalam cara yang seksual; jika kamu telah dipaksa, diancam atau dimanipulasi untuk berhubungan seksual atau mengambil bagian dalam aktivitas seksual dengan seseorang yang berumur dibawah 18 tahun atau lebih tua; jika kamu telah direkam, difilmkan, difoto saat telanjang atau sedang dalam melakukan aktivitas seksual atau jika kamu telah dipertontonkan, diajak untuk mendengarkan, menonton atau melihat aktivitas seksual, jika kamu telah dipindahkan dari rumah kamu ke tempat lain di dalam atau di luar negaramu dan telah dipaksa, diancam atau dimanipulasi untuk melakukan aktivitas seksual; jika tindakan-tindakan tersebut telah dilakukan terhadapmu, meskipun kamu telah dibayar oleh mereka – baik dengan uang atau melalui hadiah, kesenangan, atau kebaikan/pertolongan; dari seseorang di keluargamu, teman, tetangga, pacar, atau bahkan seorang yang benar-benar asing; baik online atau offline :   

Dalam hal ini berarti kamu adalah korban dari eksploitasi dan kekerasan seksual yang mana adalah sebuah kejahatan di bawah hukum internasional

Tidak ada seorang pun yang diizinkan untuk melakukan hal ini kepadamu, karena

kamu memiliki HAK untuk aman dari eksploitasi seksual dan kekerasan.

Tidak seorang pun dapat menyalahkan kamu atas apa yang telah terjadi kepadamu karena itu bukan kesalahanmu.

Kamu, sama seperti orang lainnya, memiliki Hak. Hak-hak dimana setiap anak harusnya miliki agar bahagia, sehat, dan hidup aman, dan orang dewasa seperti orang tua kamu dan pemerintah kamu seharusnya memberikan kesempatan-kesempatan untuk kamu menggunakan hak-hak tersebut. Surat pernyataan ini memberitahukan kamu mengenai hak kamu seharusnya memberikan kamu kesempatan untuk dapat menggunakan hakmu. Poster ini memberitahu kamu tentang hak kamu yang tercantum dalam Konvensi Hak Anak PBB, Protokol Opsional terhadap Perdagangan Anak, Prostitusi Anak dan Pornografi Anak, dan perjanjian internasional lainnya. Anak seperti kamu, telah membantu menuliskan dokumen ini agar kamu mengerti dan mengetahui bagaimana mendapatkan perlindungan dan penanganan atas apa yang dilabelkan terhadapmu.

Konvensi atau perjanjian tersebut memiliki empat prinsip-prinsip umum yang harus berlaku dalam keseluruhan Hak Anak:

  • Kamu memiliki Hak untuk dilindungi dari diskriminasi (tindakan yang membeda-bedakan)

Guru, pekerja sosial, polisi, pengacara, dan lainnya harus melakukan yang terbaik untuk memperlakukanmu secara adil dan melindungi semua hak-hakmu, tidak peduli siapa kamu atau dari mana kamu berasal, atau siapa yang kamu cintai.

  • Kamu memiliki Hak atas kepentingan terbaikmu untuk dilihat sebagai pertimbangan utama

Semua prilaku dan keputusan yang memengaruhi kamu harus berdasarkan atas apa yang terbaik untuk kamu.

  • Kamu memiliki Hak untuk hidup dan berkembang

Kamu memiliki Hak untuk tumbuh dan berkembang dengan cara yang sehat dan di dalam lingkungan yang aman. Orang dewasa harus menolong kamu dalam mewujudkan Hak ini.

  • Kamu memiliki Hak untuk didengarkan dan memengaruhi apa yang terjadi kepada kamu

Ketika orang dewasa membuat keputusan yang memengaruhi kamu, kamu memiliki hak untuk bebas berbicara atas apa yang kamu pikirkan seharusnya terjadi kepada kamu dan pendapat kamu harus didengar dan ditindaklajuti dengan serius.

Hak-Hak tertentu untuk korban eksploitasi seksual dan kekerasan adalah :

  1. Kamu memiliki hak untuk melaporkan apa yang telah terjadi kepada kamu

Kamu tidak perlu merasa takut atau malu untuk menceritakan kepada orang yang tepat/ dipercaya, organisasi yang dipercaya, atau polisi atas apa yang telah terjadi, atau apa yang sedang terjadi kepada kamu. Seorang yang dipercaya adalah seseorang yang tidak pernah menyakiti kamu. Dia bisa saja anggota keluarga, teman, guru, pengacara, dokter atau pekerja sosial. Jika kamu bercerita kepada orang yang dipercaya atau organisasi yang dipercaya untuk menolong kamu, mereka mungkin dapat memberitahu polisi tentang apa yang terjadi kepadamu.

  1. Kamu memiliki hak untuk dilindungi

Hak kamu untuk dilindungi termasuk hak kamu untuk ditolong dari eksploitasi seskual dan penyalahgunaan. Polisi memiliki kewajiban untuk mencegah dan menemukan kejahatan dan menolong kamu untuk keluar dari bahaya dan pergi dari orang orang yang menyakitimu. Terkadang polisi akan berekja dengan orang lain seperti pekerja sosial, doktor dan lainnya untuk memastikan bahwa apa yang kamu butuhkan ditemukan dan kamu didukung.

  1. Kamu memiliki hak untuk mengajukan pengaduan pindana terhadap orang yang melukai kamu

Kamu memiliki hak untuk memutuskan jika kamu ingin adukan secara resmi terhadap seseorang yang menyakitimu. Jika kamu melakukannya, polisi harus menyelidik/mengusut pengaduanmu. Bersama dengan jaksa, hakim dan pengacara. Mereka harus menangani pengaduanmu secepat mungkin, tapi terkadang prosesnya bisa sangat panjang dan melelahkan. Jika diakhir proses seseorang yang menyakitimu tadi mengakui kesalahannya, mereka harus dihukum.

  1. Kamu memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan istimewa saat kamu terlibat didalam proses hukum

Kamu memiliki peran penting di dalam proses hukum. Kamu mungkin harus memberitahu cerita kamu lebih dari sekali dan kamu mungkin harus datang ke pengadilan. Tentu ini menjadi sangat sulit, tetapi mengambil bagian dalam proses hukum tidak akan membahayakan kamu. Polisi, jaksa, hakim yang bertanggung jawab atas pengaduanmu harus peduli terhadap kebutuhanmu, dan terkadang mereka akan melakukan hal-hal yang sedikit berbeda untuk membuat proses menjadi lebih mudah untuk kamu. Contohnya, di beberapa negara, hukum mengizinkan anak-anak untuk memberikan kesaksian di pengadilan dari sebuah ruangan khusus dengan kamera atau di ruangan hakim dengan ditemani oleh orang dewasa yang kamu percayai di samping kamu. Jika kamu diminta untuk melakukan sesuatu yang membuat kamu takut atau marah selama proses hukum berlangsung, berbicaralah karena tindakan khusus akan dilakukan untuk membantu kamu.

  1. Kamu memiliki Hak untuk mendapatkan bantuan yang dapat mempermudah proses hukum untukmu

Selama proses hukum kamu mungkin menginginkan saran-saran hukum, meminta bantuan untuk penerjemahan tertentu, atau sekedar beberapa informasi berkenaan bagaimana sistem hukum bekerja. Kamu mungkin kadang mendapatkan bantuan ini di rumah sakit, kantor polisi, kantor jaksa, gedung pengadilan atau dari pekerja sosialmu. Juga terdapat organisasi komunitas, seperti lembaga bantuan hukum atau kelompok hak-hak anak, pihak-pihak yang akan memberikan pertolongan yang kamu butuhkan.

  1. Kamu memiliki Hak untuk aman dalam proses hokum

Kamu dan keluarga kamu memiliki Hak untuk dilindungi dari berbagai bentuk ancaman maupun gangguan selama proses hukum. Tidak ada satu pun yang diizinkan untuk mengubah cerita kamu atau mengambil kembal apa yang telah kamu katakan

  1. Kamu memiliki Hak untuk dilindungi privasi (kebutuhan atau hal-hal pribadi) selama proses hukum

Polisi, jaksa, hakim, dan pengacara harus memastikan bahwa tidak ada informasi apapun yang dapat membantu publik atau masyarakat umum untuk mengenali kamu (seperti nama, alamat, dan gambar).

  1. Kamu memiliki Hak atas pelayanan pengobatan dan sosial geratis untuk membantu kamu mengatasi dan merasa lebih baik sebelum dan selama proses hukum berlangsung sampai kamu merasa pulih kembali.

Kamu memiliki hak untuk mendapatkan kebutuhan dasarmu, termasuk makanan, pakaian, dan tempat perlindungan. Kamu juga memiliki hak untuk menerima dan melanjutkan pendidikan, dan perwatan maupun dukungan lain yang mungkin kamu butuhkan, seperti penanganan medis dan konseling. Mendapatkan pelayanan-pelayanan ini tidak harus bergantung pada apakah ada pengaduan pidana atau tidak.

  1. Kamu memiliki Hak untuk mendapatkan informasi terkait dengan proses hukummu

Kamu memiliki hak untuk tahu apa yang sedang terjadi atas pengaduanmu. Informasi yang kamu terima harus menggunakan bahasa yang kamu mengerti. Kamu memiliki hak untuk bertanya kapan saja.

  1. Kamu memiliki Hak untuk menuntut kompensasi atau ganti rugi atas kejahatan yang terjadi kepadamu

Kamu dapat memulai proses terhadap orang yang menyakitimu untuk menerima uang atau manfaat lainnya, untuk mengganti keseluruhan kerugian yang disebabkan kepada kamu. Kamu mungkin juga bisa menerima uang dari pemerintah untuk membayarkan kepadamu sejumlah biaya atas biaya yang telah dikenakan atau pelayanan yang telah kamu gunakan (seperti konseling dan biaya pengobatan) untuk membantumu agar lebih baik.

Cari nomor jaringan bantuan negaramu: http://www.childhelplineinternational.org/where-we-work/

 

Sumber : ECPAT Internasional

 

ECPAT IndonesiaKenali Hak Kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *