Pelatihan Monitoring dan Evaluation Program Oleh Kinder Not Hilfe (KNH)

BeritaKomentar

Kinder Not Hilfe (KNH), sebuah lembaga yang berasal dari Jerman, yang mempunyai fokus pada isu anak, menyelenggarakan pelatihan terkait monitoring dan dan evaluasi program. Pada pelatihan ini KNH mengundang 15 orang peserta dari 5 lembaga yang bekerjasama dengan KNH sampai saat ini di Indonesia. Kelima lembaga tersebut adalah ECPAT Indonesia, Yayasan PKPA, YAKKUM, KDM dan AMURT. Pada pelatihan ini KNH juga mengundang 2 orang fasilitator untuk memandu pelatihan ini, yaitu, Mas Joeni Hartanto dan Egbert Wits.

Pelatihan ini adalah kelanjutan dari pelatihan pertama yang dilakukan pada bulan Maret 2018 lalu, pada pelatihan pertama fasilitator memberikan materi tentang Logical Framework atau kerangka berpikir dari program yang akan dibuat di lembaga sesuai dengan isunya. Pada pelatihan kedua ini fasilitator memberikan materi-materi tentang monitoring dan evaluasi dalam menjalankan program. Fasilitator menekankan akan pentingnya mekanisme pendataan yang jelas dalam program-program yang dijalankan.

Hari pertama pelatihan dimulai dengan sesi perkenalan dan refleksi dari implementasi pelatihan pertama yang telah dilakukan, setelah makan siang fasilitator masuk kedalam materi tentang monitoring dan evaluasi yang menjadi tema dalam pelatihan ini. Di hari kedua fasilitator memberikan materi terkait dengan rancangan konsep monitoring bagi para peserta dan juga tentang Data Collection Tool. Hari ketiga fasilitator memulai sesi dengan mereview apa yang telah dilakukan di hari kedua, lalu dilanjutkan dengan materi MSC atau Most Significant Change, MSC ini dipakai untuk mengukur perubahan-perubahan apa yang telah dicapai dalam program yang telah dijalankan. Di Hari ke empat pelatihan kita lebih banyak merefresh proses-proses yang telah dilalui selama 4 hari pelatihan ini.

Dalam pelatihan ini, para peserta bukan hanya dijejali dengan materi saja tetapi juga dengan melakukan praktek-praktek langsung, seperti membuat metode monitoring yang akan dilakukan dalam sebuah program yang akan dijalankan. Selain itu untuk melihat sebuah perubahan dari apa yang kita buat dari program di masyarakat, ternyata juga bisa dipraktekkan dalam pelatihan ini. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk para peserta yang mengikuti pelatihan ini, khususnya bagi ECPAT Indonesia dalam menjalankan program-programnya kedepan nanti.

Penulis : Rio Hendra

ECPAT IndonesiaPelatihan Monitoring dan Evaluation Program Oleh Kinder Not Hilfe (KNH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *