Seminar Smart School Online untuk Guru, Orang Tua dan Komunitas (Ambon)

BeritaKomentar

Ambon, 8 maret 2018 – Bertempat di hotel Marina Ambon, Smart School Online mengadakan seminar untuk orang tua dan guru tanggal 8-9 maret 2018 dan workshop untuk orang tua dan anak di tanggal 9-10 Maret 2018 di SMAN 1 dan SMAN 2 Ambon. Sebanyak 300 orang tua dan guru serta 300 anak siswa di Ambon mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan Smart School Online ini dilaksanakan oleh ICT Watch, SEJIWA dan ECPAT Indonesia dengan dukungan Google, Kemkominfo, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Kementerian pendidikan, berkolaborasi dengan gerakan nasional literasi digital (SiBerkreasi), Relawan TIK, Kompak Jakarta, Internet sehat dan ID COP. Seminar ini bertujuan mengedukasi peserta menjadi sahabat cerdas bagi anak di era digital, menjadi pendidik unggul bagi milenia, internetan tanpa khawatir dari kejahatan seksual anak di ranah online. Diantara pemateri yang menyampaikan materi ini antara lain Widuri dan dan Ayu laila (ICT Watch), Andy Ardian (ECPAT Indonesia), Stefany Hutapea (KOMPAK – Youth Group ECPAT), Diena hariyana dan Helen Citra Dewi (SEJIWA).

Turut hadir dan membuka kegiatan ini dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Maluku yang diwakili oleh Bapak Drs. Gatot Sihabudin selaku kepala bidang pembinaan SMK menyambut baik kegiatan ini, apalagi Ambon di pilih sebagai kota pertama yang melakukan filter dari globalisasi era internet ini di luar jakarta. Internet sangat penting apalagi untuk daerah timur yang sangat membutuhkan arus informasi, tentunya internet yang diharapkan adalah internet yang bermanfaat bagi masyarakat. Tahun lalu bapak gubernur juga menginisiasi program ABCD (Anak Beta Cerdas Berinternet) yang dilaksanakan di sekolah Kristen Ambon. Dalam menutup sambutannya Gatot menyampaikan pesan bahwa dunia boleh didigitalisasi, tapi moral kita jangan didigitalisasi.

Kegiatan ini mendapatkan kejutan saat di akhir sesi acara Menteri Kemkominfo Bapak Rudiantara hadir menyapa peserta yang hadir saat itu. Menteri Rudiantara juga menyampaikan sambutannya dan menyampaikan pesan bahwa untuk menangkal ancaman negatif di internet dan memperbanyak konten positif di internet kita perlu mengedukasi masyarakat mengenai literasi digital yang tentunya membutuhkan banyak dukungan dan keterlibatan dari semua pihak. Kegiatan ini di tutup oleh Bapak Rudiantara dengan foto bersama  di tengah-tengah peserta yang hadir.

Penulis : Andy Ardian (Program Manager)

ECPAT IndonesiaSeminar Smart School Online untuk Guru, Orang Tua dan Komunitas (Ambon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *