Workshop Pembentukan Kelompok Kerja SDG’s

BeritaKomentar

Infid - Workshop Pembentukan Kelompok Kerja CSO

Sustainable Development Goals (SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) merupakan seperangkat agenda pembangunan baru yang disepakati oleh negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Sidang Umum PBB di New York September 2015. SDGs berisi 17 tujuan dan 169 target yang dicapai hingga 2030. Adapun tujuan-tujuan di dalamnya diantaranya tentang penghapusan kemiskinan, mewujudkan kesetaraan gender, dan penurunan ketimpangan.

Berbeda dengan pendahulunya (MDGs), pelaksanaan SDGs membutuhkan pendekatan-pendekatan baru, yaitu ambisius, inklusif, akuntabel, komprehensif, transformatif dan universal. Karenanya keterlibatan semua pihak, terutama CSO, dalam pelaksanaan maupun monitoring SDGs menjadi sangat diperlukan. Guna mendorong keterlibatan aktif CSO tersebut, INFID berinisiatif membentuk Kelompok Kerja CSO (Pokja) untuk SDGs. Kelompok Kerja akan berfokus pada 3 tujuan SDGs, yaitu Penghapusan Kemiskinan (Tujuan 1), Mewujudukan Kesetaraan Gender (Tujuan 5), dan Penurunan Ketimpangan (Tujuan 10).

Dalam workshop ini ECPAT Indonesia masuk dalam kelompok tujuan 5 yaitu, mewujudkan kesetaraan gender, bersama dengan Koalisi Perempuan Indonesia, Kapal Perempuan, Kalyana mitra, PKBI, INFID dan HWDI. Working grup ini dibentuk untuk memastikan SDG’s bisa berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan pada tahun 2030, terutamanya untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia. Masih adanya  kesenjangan gender yang terjadi di Indonesia menjadi alasan dibentuknya working grup ini untuk mendorong pemerintah mengurangi kesenjangan gender yang terjadi di Indonesia.

Penulis : Rio Hendra (Legal Officer ECPAT Indonesia)

ECPAT IndonesiaWorkshop Pembentukan Kelompok Kerja SDG’s

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *