Assesment Gender dan Diversity

NewsLeave a Comment

Isu kesetaraan dan keragaman merupakan hal yang tidak bisa di elak lagi. Hal ini juga bisa menjadi sebuah nilai ukur untuk sebuah organisasi dalam menjalankan kegiatannya. Apakah kebijakan yang ada dalam organisasi atau instansi tersebut sudah setara atau belum?.

ECPAT Indonesia sebagai sebuah jaringan nasional yang bersecretariat di Jakarta. Jaringan ECPAT sendiri tersebar di beberapa propinsi di Indonesia. ECPAT mempunya cita-cita menjadi organisasi yang kredibel, mandiri, transparan, akuntable dan memiliki pemahaman dalam gender dan diversity. ECPAT Indonesia saat ini baru memiliki kebijakan Child Protection Policy yang digunakan dalam acuan kerja-kerja lembaga, guna mencapai cita-cita ECPAT ingin mengembangkan sebuah kebijakan tentang gender dan diversity untuk ECPAT Indonesia.

Untuk mengembangkan kebijakan dibidang gender dan diversity yang juga menjadi mandat dari jaringan global ECPAT, maka diperlukan assesment gender dan diversity untuk internal ECPAT sendiri agar didalam kerjanya sudah memiliki presfektif gender selain presfektif ramah anak yang selama ini selalu ECPAT Indonesia kedepankan dalam kerja-kerjanya. ECPAT Indonesia melalui konsultan gender akan menyusun assesment yang akan menjadi kebijakan internal ECPAT. Dalam menyusun asssement ini, tentu saja diperlukan tahapan agar kebijakan ini dapat benar-benar diimplementasikan di ECPAT Indonesia.

Untuk tahapan pertama, Konsultan ECPAT Indonesia, Ibu Ida Ruwaida Noor yang merupakan dosen sosiologi dan peneliti di Universitas Indonesia memberikan pelatihan gender dan diversity untuk staff ECPAT Indonesia pada tanggal 7 juli 2015.

Dalam pelatihan ini, Ibu Ida memberikan pemahaman mengenai kesetaran peran sosial dan juga keberagaman yang kita hadapi khususnya di Indonesia, selain itu juga memberikan bagaimana cara penilaian sebuah organisasi dalam hal kesetaraan gender.

Selain pelatihan, Ibu Ida juga akan melakukan assesment dan membantu ECPAT Indonesia untuk membuat kebijakan gender yang akan diterapkan di internal ECPAT Indonesia sesuai dengan mandat organisasi.

ECPAT IndonesiaAssesment Gender dan Diversity

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.