Online Aman, Anak Nyaman

BeritaKomentar

ECPAT Indonesia mendapat kesempatan dari Siberkreasi bersama dengan Yayasan Sejiwa, untuk terlibat dalam acara Lokakarya Pandu Digital “Digital Parenting” “Online Aman, Anak Nyaman” yang diadakan di Kota Cirebon, pada tanggal 01 Desember 2018. ECPAT Indonesia bersama dengan Yayasan Sejiwa mengisi topic Digital Parenting tentang “Online Aman, Anak Nyaman”.

Adapun peserta yang mengikuti sesi Digital Parenting terdiri dari Relawan TIK dari Kota Cirebon dan beberapa kabupaten di Jawa Barat. Dalam kesempatan itu ECPAT Indonesia mengisi Materi Eksploitasi Seksual Anak Online, dalam penyampaian itu, ECPAT menggunakan metode power point dan juga pemutaran video yang menjelaskan tentang bentuk-bentuk eksploitasi seksual anak online, diantaranya (1) Grooming online untuk tujuan seksual adalah sebuah proses untuk menjalin atau membangun sebuah hubungan dengan seorang anak melalui penggunaan Internet atau teknologi digital lain dengan maksud untuk memancing, memanipulasi atau menghasut anak agar anak bersedia melakukan kegiatan seksual. (2) Sexting yaitu proses seorang anak secara intens mengirimkan pesan seksual secara eksplisit atau gambar yang menunjukkan sisi seksualitas dari dirinya. Gambar atau video yang dikirimkan ini bisa berupa tampilan (semi- telanjang), erotis, dan atau aktivitas seksual dan biasanya dibagikan kepada pacar atau teman dekat. (3) Pemerasan Seksual (Sextortion) yaitu proses dimana seseorang dipaksa untuk memberikan imbalan seks, uang dan barang berharga lain atau memproduksi materi seksual. (4) Siaran Langsung kekerasan seksual pada anak yaitu terjadi ketika seorang anak dipaksa untuk tampil di depan kamera atau webcam untuk melakukan aktivitas seksual atau menjadi subjek dari kekerasan seksual. Aktivitas ini kemudian dibuat siaran langsungnya melalui internet kepada para pelanggan yang berbayar (pelaku/predator seks) yang menonton dan atau meminta bagaimana tindakan kekerasan tersebut dilakukan melalui webcam. (5) Child Sexual Abuse Material (CSAM), dalam terjemahan bahasa Indonesia CSAM berarti materi yang mengandung muatan kekerasan seksual terhadap anak. Adapun definisi CSAM adalah setiap perwujudan melalui sarana apapun, seorang anak terlibat dalam situasi nyata atau disimulasikan secara eksplisit melakukan aktifitas seksual atau perwujudan lain dari organ seks anak, utamanya untuk tujuan seksual.

Namun karena keterbatasan waktu pada sesi digital parenting maka pertanyaan dari peserta tidak memiliki waktu yang cukup karena kelas akan digunakan untuk sesi usaha kreatif melalui internet yang akan disampaikan oleh walikota.

Penulis : Umi Farida

ECPAT IndonesiaOnline Aman, Anak Nyaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *