Pelatihan Penguatan Kapasitas Pekerja Sosial untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan bagi Anak-anak Penyintas ESKA (Eksploitasi Komersial Seksual terhadap Anak) – “Pertolongan Pertama Psikologis”

BeritaKomentar

Terre des Hommes (TDH) Indonesia mengundang mitra-mitra dari program Down to Zero (DtZ) yang terdiri dari Surabaya Children Crisis Center (SCCC), Yayasan Embun Pelangi (YEP) Batam, Bandungwangi Jakarta, GAGAS Lombok dan ECPAT Indonesia, untuk mengikuti pelatihan “ Penguatan Kapasitas Pekerja Sosial Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Bagi Anak-Anak Penyintas ESKA (Eksploitasi Seksual Komersial Anak” – Pertolongan Pertama Psikologis (Psychological First Aid/ PFA) di CICO Resort, Bogor dari tanggal 5 – 8 November 2018.

Tujuan dari pelatihan PFA ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pekerja sosial, petugas lapangan, dan staf yang bekerja untuk proyek DtZ, dalam melaksanakan tugas mereka dengan memberikan respon yang tepat kepada anak-anak korban/penyintas ESKA; mulai dari pertama kali mereka bertemu dengan anak-anak tersebut, selama proses pendampingan kasus dan ketika mereka berada di rumah aman. PFA adalah pendekatan untuk membantu orang-orang yang terdampak oleh kejadian-kejadian darurat, bencana atau traumatis; termasuk membantu orang-orang tersebut agar merasa aman (fisik dan psikis), berinteraksi dengan orang lain, merasa tenang dan punya harapan, serta memungkinkan mereka untuk mengakses dukungan fisik, emosional dan sosial, dan bisa memberdayakan mereka untuk membantu diri mereka sendiri. PFA bertujuan untuk mengurangi tingkat stress, memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar, mengenalkan strategi penanganan stress yang beragam, dan memberikan dukungan untuk perubahan. Oleh karena itu, pekerja sosial bisa menggunakan PFA ketika mereka berinteraksi dengan anak-anak untuk melindungi mereka dari dampak negatif lebih lanjut.

PFA menjadi intervensi yang penting, kecakapan dan kemampuan ini dibutuhkan bagi mereka yang bekerja langsung dengan anak-anak dalam situasi stress, termasuk anak-anak korban/penyintas ESKA. Dalam pelatihan ini fasilitatornya berasal yayasan PULIH. Yayasan PULIH adalah sebuah lembaga yang mempunyai perhatian khusus terhadap kondisi psikososial dari korban-korban kekerasan, untuk perempuan dan anak. Selama 4 hari tersebut fasilitator dari yayasan PULIH memberikan pengetahuannya terkait kekerasan berbasis gender yang selama ini banyak terjadi di Indonesia, selain itu fasilitator juga memberikan hal-hal yang diperlukan dalam memberikan PFA terhadap korban ekpsloitasi seksual anak.

Selain memberikan pengetahuan psikososial untuk korban-korban eksploitasi seksual anak, fasilitator juga memberikan pengetahuan terkait pentingnya self care atau kebutuhan diri sendiri sebagai pendamping anak-anak korban eksploitasi seksual anak. Para peserta diajarkan untuk mengenali siapa kita dan apa yang kita butuhkan untuk diri kita. Fasilitator menjelasakan tentang pentinganya menjaga batas kemampuan kita dalam bekerja terutama dalam mendampingi anak-anak korban. Pelatihan ini penting bagi para lembaga-lembaga yang tergabung dalam aliansi Down to Zero, karena lembaga-lembaga yang tergabung dalam aliansi DtZ adalah lembaga yang bekerja untuk penghapusan eksploitasi seksual anak di Indonesia.

Penulis : Rio Hendra

ECPAT IndonesiaPelatihan Penguatan Kapasitas Pekerja Sosial untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan bagi Anak-anak Penyintas ESKA (Eksploitasi Komersial Seksual terhadap Anak) – “Pertolongan Pertama Psikologis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *