Workshop Smart School Online untuk Guru, Orang Tua dan Komunitas (Jakarta Timur)

BeritaKomentar

Pada tanggal 1 Maret 2018, ECPAT Indonesia bersama ICT Watch, Sejiwa dan didukung oleh ECPAT Indonesia bersama dengan ICT Watch, dan ICT Watch dengan dukungan Google.org, Kemkominfo, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Kementerian Pendidikan, berkolaborasi dengan gerakan nasional literasi digital (SiBerkreasi), Relawan TIK, Kompak Jakarta, Internet sehat dan ID COP, menyelenggarakan workshop Smart School Online (SSO) di Jakarta Timur. Smart School Online (SSO) adalah program kolaborasi untuk penguatan literasi digital melalui sekolah yang tersebar di 12 kota di Indonesia. Workshop ini melibatkan orang tua, guru, komunitas dan anak-anak di berbagai wilayah di Indonesia.

Topik yang dibawakan oleh ECPAT Indonesia dalam sesi workshop di Jakarta Timur adalah internet aman tanpa rasa khawatir. Topik ini diangkat karena seringkali orang tua cenderung khawatir ketika mengetahui ada banyak bahaya yang terjadi di Internet. Padahal dengan pemahaman yang baik, potensi-potensi bahaya tersebut dapat dicegah sehingga anak dapat mengakses internet dengan aman dan bijak.

Sesi ini diawali dengan pemberian materi awal terhadap berbagai bentuk eksploitasi seksual anak online. Peserta juga diberi pemahaman yang lebih komprehensif dengan melakukan analisis kasus pada konteks Indonesia. Pemahaman awal ini penting agar orang tua, guru dan komunitas dapat mengidentifikasi potensi-potensi terjadinya eksploitasi seksual anak online yang terjadi di sekitar lingkungan anak.

Sesi selanjutnya adalah mendiskusikan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan eksploitasi seksual anak online bisa terjadi serta upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan. Peserta diberikan pemahaman awal tentang faktor-faktor apa saja yang menyebabkan eksploitasi seksual anak online bisa terjadi. Setelah pemahaman ini diberikan, peserta diajak berdiskusi untuk merumuskan strategi apa saja yang dapat dilakukan oleh orang tua, guru dan komunitas untuk mencegah agar anak-anak mereka terhindar dari bahaya eksploitasi seksual anak online.

Sesi ditutup dengan penyampaian presentasi dari masing-masing kelompok tentang strategi pencegahan, strategi merespon hingga strategi dialog dengan anak.

Penulis : Deden Ramadani (Koordinator Riset)

ECPAT IndonesiaWorkshop Smart School Online untuk Guru, Orang Tua dan Komunitas (Jakarta Timur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *